Adobe Tambah Fitur Edit Kolaboratif di Photoshop, Illustrator, dan Fresco

Jakarta, Whoseturnisitgames com – Adobe telah memperkenalkan fitur baru yang dapat mempermudah para desainer grafis dalam berkolaborasi untuk mengerjakan file yang sama di photoshop, illustrator, ataupun fresco.

Melansir dari The Verge, ketiga aplikasi tersebut telah mendapatkan fitur yang disebut invite to edit, untuk mengundang kolaborator dengan cara mengetik alamat email dan memberi akses ke file project yang sedang Anda kerjakan.

Namun perlu diingat, tim kolaborator tidak dapat mengedit file pada saat yang sama. Tetapi mereka akan dapat membuka pekerjaan Anda, membuat perubahan sendiri, menyimpannya, dan baru kemudian perubahan tersebut disinkronkan kembali ke komputer Anda.

Baca juga: Resmi Berakhir, Pengguna Diminta Uninstall Adobe Flash Player

Jika seseorang telah selesai mengedit file, pengguna akan diberi pilihan untuk membuat salinan atau menunggu sampai proses editing selesai. Meski sinkronisasi pengeditannya tak terjadi secara real-time, tetapi harusnya fitur ini cukup membantu alur kerja daripada harus mengirim file bolak-balik melalui email.

Fitur tersebut bekerja dengan file .PSD dan .AI yang disimpan ke Adobe Creative Cloud. Selain itu, Adobe juga menyediakan fitur riwayat versi file untuk ancang-ancang apabila ada tim yang tak sengaja mengacaukan sesuatu yang dapat merusak hasil design. Fitur riwayat ini juga dibuat demi memastikan kolaborasi dapat berjalan dengan semestinya.

Adobe menegaskan akan terus membangun lebih banyak fitur kolaborasi ke dalam Creative Cloud yang merupakan layanan untuk menyatukan rangkaian aplikasinya dengan harapan dapat membuat platform ini cepat, sederhana, dan cukup andal sehingga tim dapat mengandalkannya untuk memindahkan dokumen mereka.

Adobe juga baru-baru ini dikabarkan sedang memperbarui fitur terkait yang memungkinkan dokumen dikirim ke orang lain untuk ditinjau.