Alami Gangguan Jantung, Pelatih Persib Naik Meja Operasi

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menderita penyakit jantung dan memaksanya naik meja operasi. Tindakan tersebut dilakukan pada Selasa (21/7) dini hari lalu dan kini kondisinya sudah membaik.

Tanda-tanda Robert menderita penyakit jantung sudah terlihat sejak Senin (20/7) lalu. Karena dia mengalami sakit pada dada sebelah kiri serta kesemutan di tangan kirinya. Menerima kabar itu, dokter tim, Rafi Ghani langsung melakukan pemeriksaan.

Namun dari pemeriksaan awal, hasinya dinyatakan Robert masih dalam kondisi baik-baik saja. Awalnya Robert akan dibawa oleh Rafi melakukan CT scan keesokan harinya. Namun pada Selasa dini hari, penyakit itu menyerang pria asal Belanda tersebut.

“Hari Senin itu saya dan coach langsung melakukan pemeriksaan karena apa yang dikeluhkan itu ciri-ciri gejala awal gangguan jantung. Setelah pemeriksaan elektrokardiografi atau EKG di dokter spesialis jantung, dan saat itu hasilnya baik,” kata Rafi, Kamis (23/7).

“Setelah pemeriksaan itu disarankan untuk pemeriksaan lanjutan. Rencana Selasa (22 Juli 2020) jam 08.00, untuk pemeriksaan CT Scan jantung karena hari senin penuh. Namun, jam 04.30 saya dapat kabar coach serangan jantung dan langsung dibawa ke RS Borromeus,” lanjutnya.

Setelah mendapat pemeriksaan, Robert mengalami gejala penyakit jantung koroner. Akhirnya diambil tindakan operasi agar juru racik taktik Persib itu bisa sembuh. Selama 1,5 jam, operasi dilakukan untuk pemasangan kateter (balon) dan juga pemasangan ring pada jantungnya.

“Dipasang tiga balon dan satu ring. Alhamdulillah setelah observasi kemarin hasilnya baik, saat ini sudah jauh membaik dan sudah pindah ke ruangan. Kalau melihat hasil secara umum sampai saat ini, besok juga sudah bisa pulang,” kata Rafi.

Robert sendiri mengatakan kondisinya kini sudah lebih baik setelah menjalani operasi. Rencananya dia sudah boleh pulang dari rumah sakit besok. Namun masih perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan Robert layak meninggalkan rumah sakit.

“Saya sudah lebih baik saat ini. Hari ini belajar berjalan, melakukan kegiatan di ruangan untuk melihat kondisi otot dari jantung saya,” ungkap pelatih berusia 62 tahun tersebut.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Rafi Ghani