Mengapa Kita Dilarang Makan di Meja Kerja

Whoseturnisitgames.com – Kesibukan di dunia kerja kadang sampai mengambil waktu Anda terlalu banyak. Banyaknya pekerjaan yang tidak bisa ditunda, sampai kadang membuat Anda enggan beralih dari kursi kantor. Semua agar kerjaan lekas selesai, sehingga tak harus pulang larut atau lembur.

Kalau sudah seperti ini, kadang aktivitas lainnya pun mau tidak mau harus dilakukan di tempat itu juga, atau di meja kerja. Termasuk makan yang bagi beberapa pencinta deadline dan workaholic merupakan hal wajar. Baik makan besar atau hanya sekadar memakan camilan guna memancing daya kreativitas keluar.

Namun sebenarnya, tahukah Anda jika makan di meja kantor itu tidak baik. Selain karena alasan kebersihan, berkegiatan di meja kantor juga ada etikanya sendiri. Untuk itu, berikut beberapa hal alasan mengapa makanan di meja kantor tidak boleh dilakukan lagi.

Kotor

Meja kantor kodratnya memang digunakan untuk bekerja, tetapi tak jarang beberapa orang suka menggunakannya juga sebagai meja makan. Padahal hal ini salah, karena sisa-sisa makan bisa mengotori meja kantor, kuah sisa makanan, sambal, cokelat, atau cairan sisa minuman dapat merusak sambungan listrik di meja kantor. Hal ini karena meja kantor biasanya didesain mempunyai lubang di tengah untuk tempat colokan listrik.

Belum lagi meja kantor juga biasanya banyak terdapat alat kerja mulai dari laptop, gawai lainnya sehingga dokumen proyek perusahaan yang bisa rusak kena sisa makanan atau minuman yang tumpah atau terjatuh ke meja kantor.

Terlalu Lama Duduk

Masalah lainnya jika Anda senang makan di meja kantor adalah Anda bisa kelamaan duduk dan hal itu mengganggu kesehatan. Bayangkan saja, seharian Anda duduk di kursi kantor dan kemudian makan juga di sana tak meninggalkan meja kantor. Sampai pulang kantor pun Anda juga duduk di kendaraan pribadi atau bahkan transportasi umum. Anda bisa menghabiskan 14 jam lebih duduk dalam sehari.

Risikonya yang didapat dari kelamaan duduk, mulai dari obesitas, diabetes, sampai kanker. Kelamaan berdiam diri di kursi juga berdampak pada daya tubuh Anda, karena kalori yang seharusnya dibakar hanya disimpan dalam tubuh. Untuk itu perlunya refreshing sedikit dengan berjalan menjauh dari meja kantor, agar tubuh bekerja membakar kalori.

Hubungan yang Terganggu

Makan di meja kantor tidak hanya membawa dampak individu, namun juga sosial. Selalu di meja kerja tak ke mana-mana membuat hubungan Anda dengan relasi dan rekan kerja di kantor menjadi renggang. Karena walaupun tidak ikut makan, atau sibuk dengan pekerjaan. 

Sebisa mungkin Anda harus memiliki waktu bersama berkumpul dengan rekan kantor. Selain untuk kebutuhan sosial, interaksi dengan rekan kerja membawa dampak positif bagi kelancaran kinerja Anda kelak di kantor. Bisa jadi dari sifat ramah, pandai beradaptasi dan mudah bersosialisasi jadi batu loncatan Anda untuk menaikan karir ke jenjang berikutnya.

Berinteraksi dengan rekan kerja juga bisa jadi istirahat otak yang paling efektif. Bekerja terus menerus di depan meja, hingga makan di meja kantor akan membuat otak kita panas karena terus dipaksa konsentrasi ke pekerjaan. Istirahat makan siang biasanya jadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan otak, sehingga ketika Anda kembali, pikiran sudah lebih baik. Menjadi workaholic tentu mempunyai risiko, yaitu rentannya Anda terkena stres karena lelah pikiran dan juga fisik.

Cepat Gemuk

Makan di meja kantor sambal menatap komputer kadang membuat Anda lupa diri. Bekerja sambil memakan makanan atau camilan tanpa sadar membuat Anda lupa sehingga makanan yang disuap tiba-tiba habis. Kadang Anda tidak sadar jika sudah menghabiskan satu bungkus camilan sendirian. 

Hal ini bisa jadi bencana bagi tubuh, selain lambung menerima banyak makanan dalam sekejap. Gigi dan gusi juga bisa rusak, lantaran konsumsi makanan/cemilan dalam jumlah yang banyak. Terlebih jika Anda senang bekerja sambil minum kopi, tentunya akan sangat tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Untuk itulah alangkah lebih baiknya jika kita makan di kantin atau pantry. Di kantor biasanya ada bar kecil, atau meja makan yang bisa Anda gunakan untuk makan siang. Hal ini sekaligus dilakukan untuk mengisi ulang energi tubuh dan otak agar bisa kembali fit di siang hari. Makanlah secukupnya agar ketika bekerja konsentrasi lebih terjaga dan tidak goyah diserang rasa kantuk yang biasa.