Ponsel Lipat Terbaru Samsung Tahan Air Hingga Debu

Jakarta, Whoseturnisitgames com – Ponsel pintar lipat Samsung yang akan datang diperkirakan akan diluncurkan dalam hitungan beberapa bulan kedepan, dan menurut laporan terbaru perangkat lipat asal pabrikan Korea Selatan itu akan menjadi yang pertama memiliki peringkat IP resmi untuk ketahanan air dan debu.

Sejauh ini tidak diketahui secara pasti peringkat IP yang dimaksud yang bakal dibekali Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip2 (atau Flip3), namun kabar terbaru ini setidaknya makin mencerahkan, soal seperti apa kemampuan ponsel lipat Samsung saat ini, sebagai salah satu plopor ponsel layar lipat.

Baca juga: Indosat Ooredoo Uji Coba Lapangan OpenRAN di Wilayah Maluku  

Kedua perangkat tersebut mungkin akan diresmikan pada awal Juli, dan tampaknya akan menjadi satu-satunya perangkat lipat yang direncanakan perusahaan Korea itu untuk diluncurkan tahun ini.

Fold3 secara luas dikabarkan memiliki dukungan untuk S Pen, tetapi tanpa tempat bawaan untuk menyelipkannya (jadi ini mirip dengan Galaxy S21 Ultra dalam hal itu, bukan Galaxy Note).

Kabarnya perangkat ini juga akan mendukung layar LTPO dengan kamera di bawah layar. Lalu membawa kapasitas baterai ganda, yang menarik berdasarkan spekulasi meski mengantongi dua sumber daya, perangkat Samsung lipat ini akan hadir lebih tipis dengan membawa layar 7,55 inci pada Z Fold3, dan 7,6 inci dari Z Fold2.

Lalu Galaxy Z Flip3 yang memiliki nomor model SM-F721B sedangkan edisi LTE-nya memiliki nomor model SM-F720F. Kehadiran model LTE menunjukkan bahwa perangkat ini akan menampilkan chip yang mendukung LTE kelas atas. Chip LTE high-end terakhir dari Qualcomm adalah Snapdragon 855 Plus, sehingga  ada kesan jika Galaxy Z Flip3 akan hadir sebagai perangkat andalan yang lebih murah.

Baca juga: Perkuat Peran di 5G, Realme Siap Bangun 7 Pusat R&D 

Tak hanya Samsung sebenarnya, berbagai brand juga sudah manaruh komitmennya di 2021 ini untuk merilis ponsel lipat. Hal ini menjadi menarik, karena masing-masing akan membawa strategi dan produk canggihnya masing-masing.

Dan jika diamati, persaingan ponsel layar lipat yang masuk golongan ponsel kelas premium  akan berjalan lebih sengit, dan tentunya tidak mudah bagi Samsung untuk mempertahankan dominasinya pada kelas ponsel lipat tahun ini.