Suplemen Biotin: Pengertian, Manfaat dan Dosis yang Menyehatkan

Biotin
Image by Google.com

Suplemen Biotin merupakan produk kesehatan yang dianggap bagus untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah mengatasi masalah ginjal, sistem saraf pusat yang terganggu hingga menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Jika sebagian besar obat terlarang untuk ibu hamil dan janin, tetapi tidak demikian kalau minum obat Biotin. Justru suplemen ini akan membantu menambah nutrisi yang justru sangat dibutuhkan oleh bumil dan menyusui.

Hal ini wajar karena suplemen biotin dibuat dari ekstrak makanan yang menyehatkan. Di antaranya dibuat dari kuning telur dan pisang masak. Cuma biar pasien bisa meminumnya dengan mudah maka suplemen ini pun dikemas seperti kapsul.

Dosis Biotin

Sekalipun tergolong obat yang relatif aman pasien tetap tidak boleh meminum Biotin sembarangan. Pasalnya tidak semua orang memiliki kebutuhan terhadap biotin dengan takaran yang sama.

Maka dari itu, dosis yang tepat adalah dosis yang memang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Misal, jika pasien kekurangan biotin 150 mcg/hari, maka dosis yang dianjurkan adalah 10 mg/hari biotin oral.

Itu merupakan dosis standar yang paling banyak dibutuhkan oleh pasien. Sedangkan untuk kasus-kasus tertentu maka dosis boleh diperbanyak dengan ukuran maksimal tidak lebih dari 30 mg/hari.

Manfaat Obat Biotin

Suplemen Biotin adalah sejenis vitamin B7 yang masih sekategori dengan vitamin B complex. Maka dari itu, suplemen ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh terutama bagi pasien yang kekurangan senyawa Biotin.

Di bawah ini akan dijelaskan manfaat Biotin secara lengkap. Silakan disimak siapa tahu manfaat tersebut memang sedang dicari oleh Anda. Ini manfaat-manfaat yang dimaksud:

1. Mencegah Kelainan Bawaan pada Janin

Ketika janin masih berada di dalam kandungan, nutrisi yang masuk terhadapnya harus benar-benar ideal. Jika tidak tentu perkembangan organ dan jaringan tubuh si janin akan terganggu.

Maka dari itu, jika minum Biotin nutrisi yang masuk pada janin jauh lebih banyak. Sebab, senyawa ini mampu menyerap zat gizi semacam asam folat dan protein yang memang dibutuhkan bayi yang masih di dalam kandungan.

Sebaliknya kalau nutrisi tidak ideal, janin bisa mengalami cacat bawaan. Ini sudah diakui oleh para medis dan yang menjadi penyebabnya adalah metabolisme yang tidak berjalan dengan baik di dalam tubuh si janin.

2. Menjaga Kadar Glukosa tetap Stabil

Obat Biotin bisa dijadikan solusi untuk Anda yang ingin tercegah dari glukosa berlebihan di dalam darah. Pasalnya, obat ini mampu mengatur kinerja pangkreas supaya mampu memproduksi insulin dengan baik.

Progres ini diakui oleh ahli penyakit dalam terutama yang pernah melayani pasien diabetes tipe2. Yang mana dari riset yang dilakukan terbukti kalau ketersediaan biotin tubuh yang ideal berpotensi mengurangi terjadinya kerusakan syaraf akibat pecahnya arteri.

Dari sini bisa disimpulkan kalau Biotin bisa dikonsumsi untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Paling tidak, sebagian glukosa bisa dijadikan ekstraksi energi dan sebagian lagi untuk membantu proses metabolisme di dalam badan.

3. Memproduksi Kolesterol Baik

Penyakit yang berbahaya dan mematikan tidak hanya diabetes tetapi juga kolesterol jahat yang disebut LDL. Namun, Anda tidak usah khawatir karena kolesterol ini bisa dicegah dengan meminum Biotin supaya yang diproduksi adalah kolesterol baik atau HDL.

Jika HDL yang muncul tentu LDL akan hilang. Sebaliknya kalau LDL jumlahnya lebih banyak tentu kolesterol baik HDL yang akan musnah. Resikonya adalah berbagai penyakit akan muncul yang salah satunya adalah gangguan ginjal.

Maka dari itu, sebisa mungkin cegah LDL dengan minum Biotin sesuai dosis yang tepat. Iringi dengan makan makanan yang terbebas dari kolesterol tinggi seperti sea food dan makanan siap saji.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Dari penelitian terbaru ternyata Biotin bisa mengatasi rambut rontok baik karena patah atau karena akar sudah rusak. Karena alasan ini, banyak suplemen kecantikan dan alat kosmetika yang menggunakan Biotin sebagai bahannya.

Selain itu jika meminum Biotin dengan rutin, tekstur rambut juga lebih lembut dan bercahaya. Ini disebabkan oleh relaksasi folikel berjalan maksimal karena didorong oleh nutrisi penting yang ada di dalamnya.

Itulah uraian singkat tentang suplemen Biotin yang bisa dibeli di apotik terdekat di rumah Anda. Silakan diminum namun pastikan harus didahului dengan konsultasi medis untuk mencegah efek samping dari obat.